Senin, 23 November 2009

Jupiter; Father of The Gods.

Hi guys! ;) Aru/Koru/Has (apalah) here! Presentiing, another post of my blog! *jengjengjeng*

Ok, karena di sekolah (sebenernya cuma sebatas gw, sister haru, sama cicik meutia aja sih) lagi demam Greek Myth alias Miologi Yunani yang keren itu, gw bakal posting tentang Jupiter! (aka Zeus. Iya, bapaknya Heracles, Perseus, dan pahlawan-pahlawan hebat lainnya! Ehm, bukannya mau narsis sih *dilempar sister haru*)

Cerita dimulai dari kelahiran Zeus. Rhea, istri dari Kronos (atau bisa dilafalkan Cronus) melahirkan 5 orang anak, yang pertama adalah Hestia, lalu Demeter, Hera, Hades, dan Poseidon. Dan karena khawatir posisi Kronos, yang adalah penguasa bangsa Titan pada saat itu, terancam, maka dia, Kronos, memakan semua anaknya (Believe it or not, he did ate them. Uh, swallowed them actually.)

Lalu, Rheapun bersekongkol dengan Gaea (Mother Earth! One of the titans~) untuk melindungi anak ke6nya yang sedang ia kandung. Maka, saat anak ke6nya itu lahir, Rhea memberi Kronos sebuah batu yang lalu dimakan olehnya karena mengira kalau itu anaknya. Anak ke6 dari Rhea dan Kronos selamat!

Anak ke6 itu bernama Zeus (dramatic effect mode : on) dan kelak akan menyelamatkan saudara-saudaranya dari 'perut' Kronos!





Zeus/Jupiter *copyright by Genzoman @ dA. Peace brother~*


Some Fact About Zeus :
-Dia mendapatkan petir & kilat dari para Cyclops (one-eyed giant) yang dia bebaskan dari Tartarus untuk membantunya melawan Kronos. Yes, cool huh?

-Punya 45 istri dan 95 anak. Termasuk beberapa dewa-dewi Olympia yang paling kuat, seperti Athena (hello sis'!), Ares, Artemis & Apollo (hi cicik!) -kembar-, serta para pahlawan/demigods/manusia setengah dewa yang terkenal. Contoh, Heracles, Perseus, Castor & Polydeuces -kembar, lagi.-

-Zeus pernah mengubah seorang nymph (go google it if you don't know) menjadi kura-kura karena dia tidak datang ke pesta perkawinannya dengan Hera. Nicely done!

-Simbolnya adalah elang emas, lambang dari kekuatan, keberanian, dan keadilan.

And, a story about Prometheus. Zeus marah karena dia mencuri api dari Olympus dan memberikannya pada manusia. Dan hukumannya? Wew. Dia diikat di sebuah batu besar, dan Zeus mengirim burung elang untuk memakan hati(liver)nya setiap hari yang akan tumbuh lagi (because he's immortal) dan akan dimakan lagi. Sadis.


Prometheus. Dan elang pemakan liver.

Zeus punya banyak nama, salah satunya adalah Jupiter di Mitologi Roma dan Indra di Mitologi Hindu (Indra! *plak*)

And another interesting story. Saat Atreus dan Thyestes memperebutkan tahta kerajaan Mycenae, Zeus mengirimkan Hermes pada Thyestes yang menawarkan kesepakatan. Jika matahari tenggelam di timur, Atreus akan mendapat tahta kerajaan.

Thyestes yang sombong dan tidak percaya bahwa matahari bisa tenggelam di timur, menyetujuinya. Akhirnya matahari tenggelam di timur dan Atreus memenangkan tahta Mycenae. Because nothing is impossible, of course, for the gods~

= =' sebenernya gw rela menerjemahkan semua bait puisi Iliad buat menjelaskan kalo Zeus itu keren, tapi kayaknya gak sanggup gw.

Well, gotta go! Olympus awaits :D

6 komentar:

  1. Keren tuh Kak =)) =)) Btw, nama kakak Dede, Mas Indra, dipake-pakek =)) =)) *plak*

    BalasHapus
  2. @Hana
    Salahkan Wikipedia dek =)) *ditampar*

    BalasHapus
  3. Hii! Zeus Serem! Kalo Aru Lucu~ *plak*

    BalasHapus
  4. Oke. Keren, keren! Kecuali untuk bagian 45 istri dan 95 anak, Athena masih menentang adanya poligami! Ngomong-ngomong ya, itu gambar Zeusnya lebay banget, ampe ngakak ngeliatnya.

    Please comment http://thegoddessofwar.blogspot.com/2009/11/percy-jackson-olympians-lightning-thief.html

    BalasHapus
  5. Dear Athena.
    Zeus merasa tak pantas memajang gambarnya yang lagi sama Hera disini. Lagian, itu yang bikin gambarnya dewa-nya dA loh! Ckckck

    Nanti Kukomen balik
    Zeus

    BalasHapus